Hilang Paspor di Negeri Orang (Singapore)??

Mungkin saya sedikit orang yang mengalami musibah hilang paspor (dokumen perjalanan) di Singapore, cerita nya berawal ketika saya buru-buru ngejar ferry kembali ke Jakarta via Batam, waktu itu saya naik taksi Trans-Cab (sedan warna merah atap putih) dari sentosa ke Harbor Front (pelabuhan di singapore), ketika bayar saya buru-buru mengeluarkan isi dompet dan paspor tanpa sengaja saya sampingkan dibangku tempat duduk dan saya pun lupa mengambilnya kembali. Singkat cerita saya ditinggal balik dua rekan saya dan saya harus berjuang sendiri di negeri orang menghadapi ini.

Yang pertama saya hadapi adalah berusaha mencari taksi yang serupa, karena saya bener-bener lupa nomor taksi dan identitas pengemudi taksi, yang saya inget jenis taksi nya saja, hal ini tidak banyak membantu, karena para pengemudi taksi sejenis hanya bisa melapor ke pool taksi nya saja sekembali mereka dari tugas, demikian juga saya coba minta tolong petugas di mall Vivo city (mall di harbor front) untuk menelfon ke operator taksi tersebut mereka hanya menjawab akan mengkonfirmasi kembali bila ada kabar berita tentang paspor saya tersebut.

Tidak mau menunggu hanya dengan memasrahkan diri saya pun berusaha, hal yg menjadi pelajaran bersama disini adalah ketika kehilangan paspor yang harus kita lakukan adalah langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Lapor lah ke pos polisi terdekat, dalam kasus saya, saya melapor ke kantor polisi Cantonment Police Station, adanya di Cantonement Road, naik MRT dari Harbor Front stasiun berikutnya (Outram Park) turun, dan tinggal menaiki tangga langsung ke kantor polisi nya. Disini anda akan di interview macem-macem, mulai kenapa ilang, ilang nya dimana, ngapain aja di spore dll, selesai interview anda akan dibuatkan surat tanda hilang yang stempel dan teregistrasi di sistem komputer mereka.
  2. Setelah ada surat hilang dari polisi anda jangan langsung ke kedutaan indonesia, ini kesalahan yang saya lakukan yang membuang waktu yang lama pada akhirnya. Setelah dari kantor polisi pergi lah ke ICA (imigration checkpoint authority) atau kantor pusat Imigrasi Singapore, adanya di Kalang Road, atau naik MRT ke station Lavender, keluar dari Stasiun MRT Lavender anda langsung sudah ada di depan gedung ICA.
  3. Naik langsung ke lantai 4 gedung ICA ni, ini lantai khusus untuk pelayanan kehilangan dokumen perjalanan orang asing, dari ift escalator langsung ke bagian pengambilan nomor antri, disini biasa akan ditanya permasalahan untuk menujuk keloket yg lebih spesifik, kehilangan paspor biasanya di loket 46-47.
  4. Sebelum ke loket ini pastikan anda udah siapkan surat keterangan hilang dan KTP lengkap dengan fotokopian nya, juga pasfoto berwarna ukuran 3×4 sebanyak 4 lembar, dilantai yang sama juga ada jasa fotokopi dan foto digital ekpres, foto kopi dan bawalah pas foto tersebut sebelum keloket ini agar tidak bolak balik disuruh petugas nya untuk fotokopi dan foto digital.
  5. Setelah siap dengan fotokopian dan foto digitalnya antri lah diloket kehilangan dokumen perjalanan bagi orang asing (loket 46-47), tunggu panggilan, dan ketika dipanggil anda akan kembali ditanya macam-macam, jaga tempramen kalau yang nanya agak sengak, hal ini lazim terjadi, karena kita butuh ya kita iya-iyakan saja.
  6. Setelah interview kita akan disuruh tunggu ½ sampai 1 jam, sampai akhirnya kelar surat special pass untuk kita, surat tersebut menyatakan kita di beri ijin berada disingapore sampai tanggal tertentu (biasanya Cuma dua hari), kaya visa sementara gitu, seembar warna merah muda kertas nya.
  7. Pastikan datang ke gedung ICA untuk pengurusan ini sebelum jam 12 siang waktu singapore, karena di sana jam 8-12 adalah waktu pengajuan aplikasi, dan jam 1-4 pengambilan amplikasi, sehingga kalau datang siang-sore aan disuruh datang ambil lagi besoknya.
  8. Dengan special pass dan laporan polisi asli itu datang lah ke kedutaan indonesia, adanya di Chathworth Road nomor 7, daerah itu deket dengan wilayah orchard,kl MRT turun aja di Orchard atau sommerset untuk teruskan pake taksi, karena wilayah itu wilayah pemukiman,kalau mau irit turun di MRT orchard ION, jalan kaki ke arah Paterson Road (belakang ION) terus telusuri sampai ketemu perempatan lampu merah, ambil kekanan arah grunge road, ikuti terus sampai jalan terpisaj jadi dua, ambil kiri, nah 500m dari sana ketemu deh gedung Indonesia Embassy.
  9. Sama dengan ICA, datang kesini pagi, atau paling tidak sebelum jam 11 siang,antirannya lumayan panjang soalnya, saya datang kesini jam 7 singapore, padahal jam kerja nya baru dimulai jam 9 pagi waktu singapore, antri dulu di pintu gerbang, titip KTP jam 9 baru masuk kedalam gedung antri no panggilan, semakin pagi datang, semakin cepat urusan.
  10. Setelah melaporkan kehilangan paspor dengan menyertakan surat laporan polisi dan surat special pass dan imigrasi singapore maka akan dibuatkan lah SPLP atau surat perjalanan laksana paspor, bentuknya sama seperti paspor, Cuma lebih tipis dan hanya digunakan untuk sekali perjalanan, yaitu perjalan pulang ke Indonesia, biaya untuk SPLP ini adalah 7 Dollar Singapore. Kalau datang pagi bisa di tunggu selesai sore, atau biasanya disuruh datang ambil besok paginya lagi, usahakan negosiasi dengan petugas untuk menunggu hari itu juga, dengan alasan bermacam-macam, bisa udah habis uang, atau apaah yang membuat mereka iba melihat kondisi kita J
  11. Setelah SPLP kita dapat kita masih harus kembali ke ICA atau imigrasi singapore di Kalang Road lantai 4 tadi, kembali ambil nomor antrian di loket 46-47 untuk meminta stempel keimingrasian di SPLP kita, nah sebelum ke loket ini, fotokopi dl bagian depan SPLP anda biar ga disuruh bolak balik, nunggu 30-45 menit akhirnya SPLP di tanda tangani dan diberi jadwal waktu perpanjang tinggal tambahan sekitar 2 hari.
  12. Selesai lah urus-urusan dan segeralah kembali ke tanah air untuk mengurus kembali paspor yang permanen.

Saya mengalami hal tersebut selama 3 hari di singapore, tidak ada teman tidak ada kontak selama disana, semua saya lakukan sendiri sampai akhir nya saya pulang dan kembali ke tanah air. Untung nya hanya paspor yang hilang, namun dompet saya masih ada sehingga memiliki uang cash walaupun trbatas untuk urus-urusan ini.

Kesimpulannya jangan pernah sekalipun kehilangan paspor di negeri orang, karena itu berarti masalah besar menunggu anda.

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

